Begini Rasanya Dibajak? - p.2

Penjual buku Jokowi bajakan. Sumber di sini
"Halo, dengan Elex Media, selamat siang, ada yang bisa saya bantu?" Begitu ucap Mbak Nana, rekan kerja di bagian Sekretariat. Tak dinyana, ternyata siang itu bakalan jadi siang yang apes buat Mbak Nana. Tiba-tiba saja,

"Saya mau komplain! Ini saya beli buku Jokowi! Saya ditipu mentah-mentah! Gimana sih Elex? Masak nerbitin buku kertasnya stensilan begini? Fotonya gelap! Tintanya ke mana-mana! Lemnya brundulan! Saya nggak mau tau! Pokoknya Elex harus ganti rugi! Saya merasa tertipu! Udah beli mahal-mahal juga!" Ucap seorang ibu-ibu di seberang telepon dengan nada marah-marah.

"Ibu, maaf, ini ibu beli di mana bukunya? Kalau ibu beli di Gramedia dan masih punya tanda pembeliannya, ibu bisa kirim ke saya. Langsung saya proses ganti yang baru." Kata Mbak Nana lagi. 

"Pokoknya tidak bisa, saya minta ganti rugi! Saya udah beli mahal-mahal!" Si ibu masih tetep marah-marah. Entahlah, jangan-jangan udah kesumat kali ya? Lantas, "Ya ini saya bisa langsung ganti asalkan ibu ada tanda bukti pembeliannya. Emangnya ibu beli di mana sih?" Si Mbak Nana tanya balik.

"Ya pokoknya saya beli mahal! 75 ribu saya kebuang percuma!" Si ibu kekeuh dengan nada yang marah-marah. "Hah? 75 ribu? Emang ibu beli di mana? Kita cuma jual itu buku kurang dari 50 ribu!" bales Mbak Nana lagi. Suaranya mulai naik, rada angot.

"Saya, beli di... lampu merah mbak.. Abisnya saya penasaran sama buku ini. Tadi pas di lampu merah, saya beli aja sekalian. 75 ribu, saya waktu itu juga ngebatin, kok mahal amat. Tapi biarin deh, saya keburu penasaran..." Jawab si ibu. Mendengar jawaban si ibu, si Mbak Nana alisnya langsung nyambung, "Wah, maaf ibu, itu ibu beli yang bajakan. Saya nggak bisa ganti. Saya hanya bisa ganti kalau ibu beli langsung di Gramedia." 

"Yah, nggak bisa ya Mbak?" Ucap si ibu, nada suaranya menjadi kian pelan. "Iya Bu, maaf sekali, tapi saya nggak bisa ganti dengan buku yang baru, karena ibu belinya juga bajakan. Lain kali, ibu beli langsung ke Gramedia aja, baru garansi cacat bukunya bisa berlaku."


***


"Buku lo dibajak sampai ke Papua tuh!" 

Begitu kira-kira isi SMS yang dikirim teman-teman kantor pas gue cuti tahun baru kemaren. Damn! Dibajak lagi? Sampai ke Papua? Wow. Buat memulai tahun baru 2013, gue nggak tahu apakah ini sesuatu yang patut dirayakan atau bukan. Tapi yang jelas buat gue ini suatu pencapaian dan hal yang emang 'sesuatu' banget di awal tahun. Kalau buku bajakan di kisah di atas dihargai 75 ribu rupiah, kali ini buku yang dibajak di Papua dihargai lebih mahal lagi, 85 ribu rupiah. 

Sebenernya, buku yang jadi korban bajakan bukan cuma buku gue doang sih. Udah ada banyak buku lainnya yang juga jadi korban bajakan. Tapi, ya mungkin ini kali pertama gue ngerasain buku hasil karya rame-rame, yang gue kerjain sampe setengah budeg, tau-tau dibajak dan dijual dengan harga yang lebih mahal pula. Sementara di sisi lain, gue ngerasa iba sama pembaca yang kecewa lantaran mendapatkan hasil buruk rupa dengan harga yang selangit. 

Yaa nggak adil aja gitu rasanya. Kalau gue jadi mereka, gue juga nggak bakalan mau. Gile, 85 rebu bok! Buat buku yang amburadul sementara gue bisa beli buku orisinal dengan harga yang jauh lebih murah di toko buku resmi? Hmmm... mikir lima kali deh gue sebelum beli bajakan. Lagian, pembajaknya juga aneh. Di mana-mana yang namanya barang bajakan itu selalu dibandrol dengan harga yang lebih murah. Lha ini dipasang harga gak kira-kira tingginya. Ah, mungkin mereka pake reverse psychology! Pinter juga, pasang harga pertamax plus, kover pertamax, tapi isi bensin campur. Sial! (Bersambung)

0 komentar:

 

Copyright (c) 2013 Cerita Semprul All rights reserved | Dimodif sedikit oleh Bli Dharma | Sponsor: Free CSS Templates dan Free Blogger Template