Pandangan Apatis, dan Golput

Oke, udah 10 hari gue gak apdet di blog kesayangan gue. Hmm.. banyak kejadian sih sebenernya dalam jangka waktu 10 hari tersebut, tapi sayangnya gue gak ada mood sama sekali buat menuangkan hal itu ke dalam tulisan. Memang susah ya? membangun mood untuk bisa produktif dalam menulis??

***

Sekarang tanggal 23 Maret, sebentar lagi, tanggal 9 April bakalan ada pemilu legislatif. Udah banyak massa partai yang berkampanye. Jalan raya dan trotoar jadi kotor karena atribut pemilu yang sembarangan di pasang. Jalan macet karena kampanye yang gak tau aturan, hak gue sebagai pedestrian tercerabut karena trotoar penuh buat jualan atribut.. Aaarh, baru pemilu legislatifnya aja udah bikin repot sana sini.

Ah, tapi biarin aja deh mereka mau sibuk kaya apa juga, wong gue mau milih golput kok pas pemilu nanti.

Ha?? lu golput Ma?? gak salah?? suara lu kan penting!

Oke, kalo di tanya kenapa alesan gue memilih golput, gue bakal jabarkan secara ringkas disini:

Hak pilih adalah hak politis, gue bebas untuk memilih dan tidak memilih. Dan keputusan gue mengenai hak pilih gue dalam pemilu kali ini adalah:

TIDAK MENGGUNAKAN HAK PILIH.

Well, sebenernya itu juga di dasari oleh beberapa alesan sih, diantaranya adalah

1. Jumlah Partai yang terlalu banyak

Sumpah gue bingung abis dah, partainya banyak banget!! gue liat di berita kalo gak salah ukuran kertas suaranya aja hampir 1 meter dah.. pokoknya gede abis!!

2. Jumlah Caleg yang-juga-terlalu-banyak

Nah, yang ini apalagi. banyak abis!!! dan gue kurang mendapat sosialisasi mengenai caleg-caleg yang ikutan di pemilu tanggal 9 april nanti. Gue cuman liat kampanye mereka yang bermodalkan foto aneh si caleg, dengan kostum aneh, dan juga slogan yang aneh, oh, satu lagi, suka ndompleng ke popularitasan orang.

Lagian, kalo kebanyakan caleg, dan kurang sosialisasi, gimana gue bisa percaya?? gimana gue bisa memberikan satu hak suara gue (yang kalo emang di bilang penting) kepada orang yang gak bisa di pegang kredibilitasnya??!! bisa-bisa gue nanti salah pilih, Indonesia malah makin terpuruk karena anggota legislatif yang dipilih ternyata busuk semua.

3. Mendompleng Popularitas

Mengenai hal dompleng popularitas, gue pikir caleg Indonesia memang jagonya! ada yang foto-fotonya pake foto Bung Karno, Superman (gak masuk akal ey?), oh bahkan ada yang pake background foto Osama Bin Laden sama Barack Obama!! (wtf??) aaah,, makin jauh deh dari bayangan gue caleg-caleg begitu mah. Hari gini?? pemilu ndompleng Obama?? emang lu kira dia mau mbantuin ngurusin lu jadi caleg?? Obama lagi sibuk ey bebenah ekonomi Amrik yang lagi ambruk.

Yah, gue rasa itu 3 alasan utama kenapa gue gak mempergunakan hak pilih gue dalam pemilu tanggal 9 nanti. Biar aja gue di bilang punya pandangan apatis atau acuh tak acuh dalam masalah begituan. Lah wong orang yang udah jadi pemimpin di jaman sekarang tuh, urusan pertama yang di urusin setelah menang pemilu adalah gimana cara balikin modal yang habis karena kampanye pemilu.

See?? dasarnya aja udah masalah duit. Gimana ngurusin rakyat?? kalo perut duluan yang dipentingin mereka?? Kalo udah di 'atas' mah, cuek bebek aja sama rakyat. Mau rakyat jungkir balik jumpalitan cari makan juga sebodo amat.

Jadi, jangan salahkan kalo gue punya pandangan yang apatis. Lha wong pemimpinnya juga apatis sama rakyatnya kok?!

Ah, sebagai akhir dari postingan gue kali ini, gue hanya ingin menyampaikan bahwa akan ada kemungkinan gue ikutan dalam pemilu, bukan untuk memilih, tapi buat mencoret-semua-gambar-caleg yang ada di kertas suara!! hahahaha,, daripada gue gak ikutan, kertas suara gue jadi nanggur.. ntar malah disalah gunain sama orang yang gak bertanggung jawab lagi.. toh, cukup adil kan, gue juga menggunakan hak pilih gue juga, masalah sah atau tidak?? saya tidak peduli.

Yuk ah, mari.. mohon di ingat ya, saya TIDAK mengajarkan anda untuk menjadi seorang Golput. Saya juga TIDAK meminta anda untuk menjadi seorang yang apatis, tentu saja. Anda mempunyai hak untuk mempergunakan hak pilih. Hanya saran saya, pergunakan dan pertimbangkan dengan baik.


3 komentar:

clarita said...

kenapa golput sih ?
btw lo harus nonton ini http://www.youtube.com/watch?v=uNZbPUCmG9Q

Vista said...

yup bener, jgn milih kl gk tau siapa yg milih. kalo gw termotivasi si gw pengen browsing sapa aja tu caleg2, setelah di screening yg foto bareng monyet,macan, dan figur2 lain yang nggak signifikan. tp mungkin motivasi gw gak kuat-kuat amat. hhh frustration in a country ya beginilah jadinya, :(

Anonymous said...

ak mw nambahin..
yg no 4.Lgi sibuk UTS..gak lucu klo harus pulang kampung(mana jauh di Tegal) demi nyontreng partai yg belum tentu jg bikin IP gw jadi naek...hweehee...

pemerintah jg payah,,knapa gk mempermudah orang yang rumahnya jauh untuk nyontreng ya...

 

Copyright (c) 2013 Cerita Semprul All rights reserved | Dimodif sedikit oleh Bli Dharma | Sponsor: Free CSS Templates dan Free Blogger Template