Showing posts with label Lets Think For a While... Show all posts
Showing posts with label Lets Think For a While... Show all posts

Akhir Masa Hiatus, Bersyukur, Dedikasi.

Oke, gue tau kalau gue udah lama gak posting dan membiarkan blog ini lumutan dengan sukses. Ah, well.. gue rasa gue lagi dalam masa hiatus.. bingung mau nulis apa.. jadi maaf-maaf saja ya sodara.. para pembaca sekalian. Menulis ternyata bukanlah hal yang mudah.

Hmm.. apa saja yang terjadi belakangan ini? Politik makin ramai.. ada kasus pembunuhan yang melibatkan ketua kpk, ada kasus flu babi yang mudah-mudahan gak naik lagi ke level 6.. ohya, ada satu lagi, ada gue yang lagi banyak bersukur dan gue yang lagi kagum. *narsistik mode on*

Mari saya bahas bagian bersyukurnya lebih dulu.

Beberapa waktu lalu, gue naik angkot ke kampus, dan ngeliat pengamen kecil berbaju lusuh membunyikan alat musik seadanya buat nyari yang namanya duit. Sebenernya gue udah sering banget ngeliat mereka-mereka, hampir tiap hari malah.. Tapi entah mengapa.. gue baru berpikir dan ngeliatin mereka dalem-dalem waktu itu.. ngeliatin raut muka mereka dan berpikir apa yang harus mereka lalui di jalan, setiap hari, setiap waktu, gak kenal yang namanya libur. Yang penting mereka bisa makan tiap hari.

Dan gue pun mulai berpikir.

Gee, ternyata masih ada yang lebih tidak beruntung dari gue. Apa jadinya gue kalo kedua mendiang orang tua gue gak kerja di sebuah perusahaan yang lumayan ternama?? apa mungkin gue bisa ngerasain yang namanya bangku kuliah? apa iya gue bisa menikmati yang namanya internetan, dan punya komputer yang 'lumayan' canggih??

Betapa beruntungnya gue.. Betapa beruntungnya gue yang hidup pas-pasan. Pas pengen ini, tau-tau dikasih jalan buat mencari rejeki, pas pengen itu, pas ada uangnya.. dan keinginan gue bisa tercapai.. tapi yah kalo lagi gak ada rejekinya, ya gue diem. gak usah dipaksa.

Ah, well.. tampaknya hidup telah memberikan gue pembelajaran baru pada saat itu, dan sampai sekarang. Jadi, marilah bersyukur, dan biasakan hidup pas-pasan ;-)

Nah, sekarang mengenai bagian kagumnya.

Beberapa waktu lalu, dosen gue terserang stroke. Itu merupakan stroke yang kedua kalinya. Untungnya beliau hanya sebentar dirawat di rumah sakit. Nah, yang bikin gue kagum adalah: dedikasi beliau dalam mengajar.

Seharusnya, menurut logika, kalau seseorang terkena stroke, maka seseorang itu harus berada dalam masa recovery yang cukup lama,, bisa memakan waktu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan. Tapi beliau tidak. beliau hanya memerlukan waktu seminggu. Ketika pas tadi pagi gue kuliah, gue sempet kaget dan bertanya, "Pak, sudah sembuh?" dan beliau menjawab "yaaa masih 80% lah sembuhnya, mari kita coba saja. Bosan saya dirumah cuman berhadapan sama bantal melulu."

Dan akhirnya gue kuliah pagi tadi.

Ketika gue ngeliat beliau, seakan-akan beliau mengalami kesusahan dalam berbicara, dan badannya pun bergetar. Ketika gue ngeliat beliau menulis, tangannya sudah bergetar dan agak susah dikendalikan. Tapi beliau tetap konsisten dan terus mengajar. Ya walaupun hanya 1 mata kuliah dari 2, tapi kami para mahasiswanya mahfum dengan keadaan beliau.

80% sembuh, dan beliau tetap mengajar kami, para mahasiswanya. Sumpah dedikasinya gokil banget. Salut dan angkat topi buat beliau. Ah, well.. tampaknya hidup kembali mengajarkan sesuatu hal yang baru buat gue. Gak gampang menyerah.

Memang, hidup itu adalah guru yang terbaik.

Pandangan Apatis, dan Golput

Oke, udah 10 hari gue gak apdet di blog kesayangan gue. Hmm.. banyak kejadian sih sebenernya dalam jangka waktu 10 hari tersebut, tapi sayangnya gue gak ada mood sama sekali buat menuangkan hal itu ke dalam tulisan. Memang susah ya? membangun mood untuk bisa produktif dalam menulis??

***

Sekarang tanggal 23 Maret, sebentar lagi, tanggal 9 April bakalan ada pemilu legislatif. Udah banyak massa partai yang berkampanye. Jalan raya dan trotoar jadi kotor karena atribut pemilu yang sembarangan di pasang. Jalan macet karena kampanye yang gak tau aturan, hak gue sebagai pedestrian tercerabut karena trotoar penuh buat jualan atribut.. Aaarh, baru pemilu legislatifnya aja udah bikin repot sana sini.

Ah, tapi biarin aja deh mereka mau sibuk kaya apa juga, wong gue mau milih golput kok pas pemilu nanti.

Ha?? lu golput Ma?? gak salah?? suara lu kan penting!

Oke, kalo di tanya kenapa alesan gue memilih golput, gue bakal jabarkan secara ringkas disini:

Hak pilih adalah hak politis, gue bebas untuk memilih dan tidak memilih. Dan keputusan gue mengenai hak pilih gue dalam pemilu kali ini adalah:

TIDAK MENGGUNAKAN HAK PILIH.

Well, sebenernya itu juga di dasari oleh beberapa alesan sih, diantaranya adalah

1. Jumlah Partai yang terlalu banyak

Sumpah gue bingung abis dah, partainya banyak banget!! gue liat di berita kalo gak salah ukuran kertas suaranya aja hampir 1 meter dah.. pokoknya gede abis!!

2. Jumlah Caleg yang-juga-terlalu-banyak

Nah, yang ini apalagi. banyak abis!!! dan gue kurang mendapat sosialisasi mengenai caleg-caleg yang ikutan di pemilu tanggal 9 april nanti. Gue cuman liat kampanye mereka yang bermodalkan foto aneh si caleg, dengan kostum aneh, dan juga slogan yang aneh, oh, satu lagi, suka ndompleng ke popularitasan orang.

Lagian, kalo kebanyakan caleg, dan kurang sosialisasi, gimana gue bisa percaya?? gimana gue bisa memberikan satu hak suara gue (yang kalo emang di bilang penting) kepada orang yang gak bisa di pegang kredibilitasnya??!! bisa-bisa gue nanti salah pilih, Indonesia malah makin terpuruk karena anggota legislatif yang dipilih ternyata busuk semua.

3. Mendompleng Popularitas

Mengenai hal dompleng popularitas, gue pikir caleg Indonesia memang jagonya! ada yang foto-fotonya pake foto Bung Karno, Superman (gak masuk akal ey?), oh bahkan ada yang pake background foto Osama Bin Laden sama Barack Obama!! (wtf??) aaah,, makin jauh deh dari bayangan gue caleg-caleg begitu mah. Hari gini?? pemilu ndompleng Obama?? emang lu kira dia mau mbantuin ngurusin lu jadi caleg?? Obama lagi sibuk ey bebenah ekonomi Amrik yang lagi ambruk.

Yah, gue rasa itu 3 alasan utama kenapa gue gak mempergunakan hak pilih gue dalam pemilu tanggal 9 nanti. Biar aja gue di bilang punya pandangan apatis atau acuh tak acuh dalam masalah begituan. Lah wong orang yang udah jadi pemimpin di jaman sekarang tuh, urusan pertama yang di urusin setelah menang pemilu adalah gimana cara balikin modal yang habis karena kampanye pemilu.

See?? dasarnya aja udah masalah duit. Gimana ngurusin rakyat?? kalo perut duluan yang dipentingin mereka?? Kalo udah di 'atas' mah, cuek bebek aja sama rakyat. Mau rakyat jungkir balik jumpalitan cari makan juga sebodo amat.

Jadi, jangan salahkan kalo gue punya pandangan yang apatis. Lha wong pemimpinnya juga apatis sama rakyatnya kok?!

Ah, sebagai akhir dari postingan gue kali ini, gue hanya ingin menyampaikan bahwa akan ada kemungkinan gue ikutan dalam pemilu, bukan untuk memilih, tapi buat mencoret-semua-gambar-caleg yang ada di kertas suara!! hahahaha,, daripada gue gak ikutan, kertas suara gue jadi nanggur.. ntar malah disalah gunain sama orang yang gak bertanggung jawab lagi.. toh, cukup adil kan, gue juga menggunakan hak pilih gue juga, masalah sah atau tidak?? saya tidak peduli.

Yuk ah, mari.. mohon di ingat ya, saya TIDAK mengajarkan anda untuk menjadi seorang Golput. Saya juga TIDAK meminta anda untuk menjadi seorang yang apatis, tentu saja. Anda mempunyai hak untuk mempergunakan hak pilih. Hanya saran saya, pergunakan dan pertimbangkan dengan baik.


Tugas Pertama: Jaipongan

Hore. Gue udah resmi menjabat sebagai mahasiswa semester 6. Sumpah gak berasa banget gue kuliah.. tau-tau udah semester 6, terus nanti ada kkn, terus liburan alih tahun (yang bakalan gue pake buat ambil semester pendek), terus nanti naik ke semester 7, susun skripsi, dan voila: gue lulus, jadi sarjana, menyandang gelar SS di belakang nama. Ah.. cepat sekali bukan?

Omong punya omong, hari ini gue udah mulai di kasih tugas bikin paper buat debating class di kampus gue. Hari pertama, tugas pertama. Topiknya adalah: Jaipongan. *terimakasih pak.. tega.. T__T *























Ah, kembali ke Jaipongan. Beberapa waktu lalu, masyarakat Sunda heboh karena Gubernur Jawa Barat melarang tari Jaipongan untuk di pentaskan di tatar parahyangan. Alesannya adalah karena tari jaipongan itu mengandung unsur 3G (Goyang, Giteuk, Geol), di anggap terlalu erotis, tidak etis, kurang Islami, dan segala macam alasan lain lagi.

Kalo menurut gue, keputusan Gubernur Jawa Barat itu adalah: KURANG KERJAAN DAN MENGADA-NGADA!!

Kenapa?? ya, jelas. kalo menurut gue itu mengada-ngada. Tari Jaipong telah menyandang predikat sebagai salah satu kebudayaan asli masyarakat Sunda, dan itu berarti tari Jaipong sudah menyandang predikat sebagai salah satu kebudayaan asli Indonesia. Kalau pak Gubernur melarang pementasan Jaipong, itu bukannya sama saja dengan menghilangkan kebudayaan Indonesia (yang ironisnya, kebudayaan Indonesia makin menghilang satu demi satu).

Setau gue, sebelum masa pemerintahan Gubernur Jawa Barat yang sekarang ini, pada aman-aman aja tuh.. gak ada yang komplain tentang tari jaipong, bahkan masyarakat internasional pun menghargai Jaipong, menghargai sebagai sebuah karya seni asli Indonesia yang perlu di lestarikan.

Sementara itu, dari hasil gue browsing di internet, sumbernya dari sini nih:

http://forum.kompas.com/nasional/14380-gubernur-jabar-larang-tari-jaipong.html

Silahkan di klik dan di baca dulu.

Oke, udah di klik dan dibaca? Nah, di forum itu ditulis bahwa gubernur Jabar mengait-ngaitkan agama dengan kesenian. Ada komentar kaya gini:

“Dalam beberapa kali ceramah di Kampus Unisba dan UPI bandung, Gubernur selalu bilang bahwa seni itu harus Islami, tidak boleh ada unsur goyangnya, ini kacau!”


Oke? gue rasa itu juga mengada-ngada deh. Seni ya seni. Agama lain jendela dengan seni. Kita tidak boleh mencampuradukkan seni dengan agama, ya karena beda bidang, yang satu kemanaa, yang satunya lagi kemana. Bingung kan jadinya??

Lagian gue juga heran deh.. kok bisa ya? seorang gubernur berbicara seenaknya gitu?? Seni itu harus Islami. Sekarang gue tanya, emang anda benar-benar mengerti seni?? coba kalau begitu, contohkan seni seperti apa yang anda maksud?? Menulis juga seni, tetapi apakah harus Islami?? saya rasa tidak begitu. Seni itu bebas, bebas mengeksplorasi pikiran, bebas mengeksplorasi gerakan, dan sebagainya. Lah, kalo sudah di patok seni itu harus Islami, itu namanya bukan seni bung!! dan menurut gue, karya orang yang berkreasi dengan patokan-patokan itu bukan karya seni.

Sementara itu, yang bikin gue gak abis pikir, Indonesia kan bukan negara Islam, kalo mayoritas penduduknya itu beragama Islam, itu benar, tetapi bukan berarti Indonesia itu sama dengan negara Islam. Masih banyak etnis lain dengan latar belakang berbeda-beda yang turut memberikan arti dalam definisi Bhineka Tunggal Ika.

Oke, masih bicara tentang seni. Sekarang kita liat tari perut.


















Anda tau kan? asal tari perut dari mana? yep. Betul! dari Timur Tengah, dari Jazirah Arab. Sekarang saya kaitkan dengan komentar pak Gubernur yang mengatakan seni itu harus Islami.

Arab, yang merupakan negara Islam, yang juga merupakan negara asal dari tari perut, ternyata santai-santai aja tuh sama keberadaan tari perut (yang jelas-jelas kostum sama goyangannya jauh lebih parah dari jaipongan di Jawa Barat) bahkan mereka tetap melestarikan tari perut, tarian itu dianggap sebagai bagian dari jati diri bangsa Arab. Tari perut di jadikan senjata ampuh untuk menarik wisatawan asing datang ke negeri mereka. Wisatawan datang, negara di kenal, dapet devisa dari para turis, budaya tidak hilang. Sama sama saling menguntungkan bukan??

Nah, anda lihat sendiri kan?? ternyata, bangsa arab yang 'sangat Islami' sekali itu masih menghargai tari perut sebagai salah satu kebudayaan bangsa mereka. Lalu, kenapa Pak Gubernur mesti heboh ya??

Pertanyaan gue satu lagi buat pak Gubernur Jabar:

"Bapak tuh asli lahir di Indonesia tidak sih?? Kalau bapak mengaku orang Indonesia, seharusnya bapak turut serta melestarikan budaya Indonesia!

Lagian, mendingan bapak urus aja tuh, janji-janji bapak ketika kampanye!! sekolah gratis, apa-apa gratis, dan segala macem tetek bengek yang bapak janjikan ketika kampanye. Gak usah ngurusin hal-hal yang semacam ini."


Sementara solusi gue, sama dengan pendapat orang-orang lain yang berkomentar di forum Kompas:

Jaipongan tidak perlu dilarang, hanya perlu di benahi. Kalau ada yang bilang tari jaipongan itu kostumnya terlalu seronok, ya cukup di ganti saja kostumnya. Kalau ada yang bilang gerakannya terlalu seronok, ya itu berarti tantangan buat para koreografer buat menciptakan gerakan jaipong baru yang revolusioner, gerakan sopan namun tetap mempertahankan identitas jaipong.

Kalo masih ada yang bilang jaipongan itu seronok, sementara telah di lakukan perubahan-perubahan tersebut, berati orang yang ngomong itu otaknya ngeres. Ketika ngeliat jaipongan, mereka tidak menikmati tari Jaipong sebagai sebuah karya seni, tetapi ketika mereka ngeliat pentas tari Jaipong, mereka ngebayangin para penarinya pada bugil semua, gak pake kostum.

Kalau gitu?? sapa yang bego?? yang jelas bukan gue.


4 Huruf A, Membela Luna Maya, Sinetron..

Horee!! tadi siang gue di telpon sama temen gue di kampus. Katanya ada 4 nilai yang udah keluar, dan dia bilang:

Oi, lu dapet A semua ya!! sama kaya gue!!

Asik asiik!!! hehehe.. mudah-mudahan 6 sisanya lagi juga dapet A semua.. huahahhaa!!


***


Hmm.. tadi siang gue nonton tayangan gossip di salah satu saluran tv swasta *yeah, I know, pekerjaan yang gak guna. Tapi seru juga kok kalo sekali sekali mah.* Nah, di tayangan itu, gue liat adegan dimana Luna Maya lagi marah besar sama para wartawan.

Ketika gue tonton lebih jauh lagi, ternyata penyebab Mbak Luna marah-marah atas pemberitaan atas dirinya di media masa. Yaa kalo buat yang rajin ngikutin acara gosip mah pasti tau laah.. Jangan tanya sama gue. Ogah gue bergossip ria di blog ini.

Sejauh pengamatan gue *ciyeh elah, bahasanya* gue liat kalo marah-marahnya mbak Luna itu beralasan. Dia sebel sama wartawan yang menurutnya terlalu mengubek-ngubek kehidupan pribadinya. Dan dia beranggapan kalo para wartawan yang berusaha mengubek-ngubek itu udah melewati batas normal etika jurnalistik yang ada.

Hm.. wajar sih kalo gue bilang. Memang, Luna Maya itu seorang selebritis, dan dia juga pasti tau kalau dengan profesinya, pasti dia akan menghadapi keadaan dimana ada bagian dari kehidupan pribadinya yang pengen di ketahui oleh publik. Tapi pasti dia sudah memberikan batasan yang jelas mengenai seberapa besar bagian dari kehidupan pribadinya yang boleh di konsumsi oleh publik, dan mana yang tidak. Ya, gue rasa semua selebriti atau orang penting juga melakukan hal seperti itu.

Nah, yang jadi permasalahan sekarang adalah, tingkah laku para wartawan infotainment yang (sayangnya) sering kali melakukan pelanggaran kode etik jurnalistik. Beberapa waktu lalu, *entah kapan, udah agak lama sih..* gue pernah nonton acara dialog yang mengangkat tema tentang pelanggaran kode etik jurnalistik yang sering dilakukan oleh wartawan infotainment.

Sebelum gue lanjut lebih jauh, silahkan klik tulisan di bawah ini.


Di acara dialog itu, ada seorang wartawan senior yang bilang kalo mereka-mereka itu hanya mempermalukan dunia jurnalistik.

Kalau mereka benar-benar mendapatkan pendidikan untuk menjadi seorang jurnalis, mereka seharusnya mengerti batasan-batasan dimana mereka bertanya dan tidak bertanya. Mereka seharusnya terikat dengan kode etik jurnalistik. Hal itu sudah menjadi makanan sehari hari di kampus, jikalau mereka memang berasal dari bidang jurnalistik dan mendapatkan pendidikan bagaimana menjadi seorang jurnalis yang baik.

Nah, kalo pendapat gue, para wartawan infotainment itu tadi itu amat sangat melanggar kode etik jurnalistik. Jelas-jelas mereka udah menerobos jauh privasi orang (lihat poin 11), dalam hal ini, para selebritis, mereka menerobos jauh dari batasan yang telah di berikan seperti yang sudah di bahas di atas. Dan kalo gue rasa, para wartawan media infotainment malah terkesan mengadu domba, dengan (mungkin) menciptakan berita yang tadinya "tidak ada" menjadi "ada" yang artinya "mengada-ngada"

Gue juga heran deh. Kok mau sih mereka jadi wartawan gosip?? gak cape apa ngomongin orang mulu?? Selebritis juga manusia sob!! Mereka udah cape cari duit dimana-mana, tambah lagi di bombardir gosip. Komplit dah penderitaan mereka.


***


Selama gue liburan, gue mendapati kenyataan kalau Bu' De gue jadi kerajingan nonton sinetron. Gosh!! Sinema Elektronik. Dimana semua jalan ceritanya gampang ditebak. Kalo gak tentang harta, wanita, perceraian, berantem-beranteman, terus ujung-ujungnya ada yang mati.

Iya kan? guys?

Biasanya kan jalan ceritanya gini:

Ada orang yang miskin, tau-tau dia mendapati kenyataan bahwa dia ternyata anak orang kaya yang dulunya hilang entah kemana. Terus, ketika sampai di rumah, dia di sirikkin sama penghuni rumah yang sudah lebih dulu ada di rumah itu. Biasanya karakternya di tandai dengan wanita jangkung, alis tajam, muka judes, bla.. bla.. bla.. yadda-yadda..

Yaa kalopun ada cerita yang lain, paling-paling sebagian besar polanya hampir sama. Berebut duit, perubahan nasib, tokoh antagonis yang selalu sial pada akhirnya, dan tokoh protagonis yang selalu mengalami happy ending dan seringkali live happily ever after sama tokoh yang di cintainya.

Bah.. Gak mendidik sama sekali. Mendingan gue tidur, makan, baca koran, sama internetan daripada otak gue dipenuhi sama tontonan yang gak jelas macem gitu. Kalo gak, mendingan gue nonton Bukan Empat Mata di Trans7. Lumayan, bisa bikin gue awet muda. hehehe.. mana cewe yang tampil disana selalu cantik-cantik lagi.. Hoki banget tuh si Mas Tukul.

Huhuhuhu.. Ah, well.. tampakya gue udah terlalu banyak menulis disini. Gue sudahi dulu deh sampe disini. Oke?! sampe jumpa di postingan selanjutnya.



I don't Know Which Ones I Should Write First...


Kamar Kost-an, Kamis 8 Januari 2009 - 01.00 WIB

Huaah,, minggu ini merupakan sebuah minggu yang bener-bener berasa di neraka buat gue. Udah musim ujian - sejauh ini gue udah ujian tiga mata kuliah, tugas ada yang belon kelar, dan segala macemnya lagi.

***
Hari Senin kemaren, gue udah siap-siap buat ujian dua mata kuliah, mata kuliah pertama adalah spoken english,, alias 'ujian bagaimana caranya berbicara pake bahasa Inggris dengan benar". Nah, karena topik yang sekarang lagi hot adalah perang antara Palestina vs Israel, maka gue bela-belain mantengin tv buat ikutin perkembangan berita sambil-sambil menebak pertanyaan apa yang bakal keluar kalo emang topiknya bener itu (secara dosen gue tuh up-to date banget sama berita).

Dan ternyata, setelah gue dateng ke kampus, Dosennya belon dateng. Gue nunggu. 1/2 jam.

...


Oke, gue masih sabar.. dosen gue emang terkenal suka kena macet, entah kena jampi-jampi apa sehingga dia selalu kena macet kalo mau ngajar di kelas gue.

...


SATU JAM kemudian: DOSEN GUE BELON DATENG JUGA!


...

Gue masih mikir, oh, oke,, emang parah kali macetnya.

...


...


DUA JAM KEMUDIAN, itu dosen juga belon dateng, dan tiba-tiba ada telpon dari ruangan akademik yang ternyata itu adalah telpon dari dosen yang bersangkutan. Beliau bilang,

"sori, bapak lagi gak enak badan,, ujiannya minggu depan aja ya.."

Yaaaahh,, *semua temen-temen gue berkeluh kesah*

Yah, nasib deh emang,, apes banget,, hiks. Dan sebagai hasilnya adalah, gue cuman UJIAN SATU MATA KULIAH PADA HARI SENIN KEMAREN!! Percuma deh mata gue tambah bolor gara-gara melototin tivi.


***


Pas selasa kemaren, gue ujian 2 mata kuliah. Terus terang, pada hari selasa kemaren, gue melakukan ujian akhir yang waktunya paling panjang dari semua ujian akhir yang gue pernah ikutin. Kenapa waktu ujiannya panjang?? karena gue ngerjain itu ujian dari jam 2 siang, selese ujian pas jam setengah 8 malem!! Wheh.. Kaget? gak usah kaget! biasa aja! stay cool beibeh! x)

Ujian gue selasa kemaren adalah ujian mengenai sejarah Sastra Amerika, dan ujian Puisi. Buat secara kilasnya *yang bener sekilas dul! payah!*, ujian yang pertama itu tentang sejarah sastra amerika, 4 bab di jadiin satu. Soalnya cuman delapan, essay. Tapi, tiap soal ada yang 'punya anak' lagi sebanyak 3 biji. Bahkan ada yang sampe punya anak 10 biji. Total kira2 soal yang gue kerjain adalah sekitar 20-an soal. Dan dalam soal itu, gue disuruh ngebandingin karya penyair-penyair Amerika dari jaman jebod. MEMBANDINGKAN! DAN MEMBERI KOMENTAR!!

Bisa anda bayangkan?!

Nah, mengenai ujian yang satu lagi, tentang puisi. Untungnya yang satu itu bisa gue lalui dengan mudah. ehehehe,, tak ada hambatan yang berarti, wong lagian itu ujiannya dua-duanya open-book kok.. huhuhuhu..

Tapi, yang namanya open book, ya tetep aja lama buat nyari-nyari jawaban yang di perluin.. dan sekalinya ketemu, jawaban yang ada di buku panjang banget, mau gak mau mesti gue ringkas lagi.. terus tulis pake tangan.. *membayangkan kalo ujiannya boleh di ketik pake komputer*


***


Huaaah,, entah lah.. sibuk sekali aku sekarang ini.. ya mana ujian lah,, ya mana sedih ngeliat korban perang di tivi lah.. ya sibuk sama tugas lah.. ya sibuk mau bikin acara barbeque-an di kampus lah,, dalam rangka hura-hura setelah melewati yang namanya ujian, dan juga untuk menyambut datang masanya liburan panjang.. dan sibuk segala macamnya lagi..

Hiks..

Doain yaa.. tinggal 7 mata kuliah lagi nii yang perlu gue lewatin.. Doain juga biar gue bisa dapet predikat cumlaude lagi.. Ehehehehe,, *digetok.*


***

Ya Tuhan,, hentikanlah perang yang terjadi di Palestina sana,, sudah bosan aku melihat raut muka sedih, jerit tangis, anak-anak kecil yang menjadi korban.. Kasihanilah mereka ya Tuhan.. tunjukkanlah kebenaran dari-Mu ya Tuhan, karena sesungguhnya kebenaran dari-Mu adalah kebenaran yang sejati..





P.S:

1. Loh Ma?! katanya lu bingung mau nulis yang mana?! eheheh,, kok malah jadi sesuatu yang bisa di baca?! ahahhahaha..

It Is Not A Resolution.. Just The Right Time For Introspection..

Kamar kost-an, Senin 22 Desember 2008 - 21.30 WIB

Hooa.. udah lama gak apdet di blog kesayangan ini.. ehehe. Harap maklum ya, lagi sibuk kejar deadline tugas kuliah yang makin menggila. Kalau gue gak ngerjain itu tugas, udah dapat di pastikan gue pasti dapet nilai E gara-gera gak boleh ikut ujian.

Hmm.. mungkin ini postingan terakhir gue di bulan Desember ini.. karena gue gak bakalan sempet nge-blog lagi akibat sibuk ngerjain tugas. Oke?! ahahah,, well, berhubung sekarang ini udah bulan Desember, dan berarti udah tinggal sebentar lagi yang namanya tahun baru.

Gue ga ngarep muluk-muluk buat di 2009 nanti.. yang pastinya gue cuman pengen jadi orang yang lebih baik aja dari taun 2008. Oiya, kalo udah ngomongin 2009, bagaimana dengan gue di 2008?? Well,, gue rasa isi surat ini udah cukup buat bikin gue merenung.. merenungkan banyak hal tentunya.. surat ini gue baca di blog nya Puu.

Silahkan baca ya.. jangan males buat bacanya, isinya bagus soalnya..

A Message by George Carlin:

The paradox of our time in history is that we have taller buildings but shorter tempers; wider Freeways , but narrower viewpoints. We spend more, but have less; we buy more, but enjoy less. We have bigger houses and smaller families; more conveniences, but less time. We have more degrees but less sense; more knowledge, but less judgment; more experts, yet more problems; more medicine, but less wellness.

We drink too much, smoke too much, drive too fast, spend too recklessly, laugh too little, get too angry, stay up too late, get up too tired, read too little, watch TV too much, and pray too seldom, and the list goes on.

We have multiplied our possessions, but reduced our values. We talk too much, love too seldom, and hate too often.

We've learned how to make a living, but not a life. We've added and continue to add years to life BUT NOT life to years. We've been all the way to the moon and back, but have trouble crossing the street to meet a new neighbor. We conquered outer space but not inner space. We've done larger things, but not better things.

We've cleaned up the air, but polluted the soul. We've conquered the atom, but not our prejudice. We write more, but learn less. We plan more, but accomplish less. We've learned to rush, but not to wait. We build more computers to hold more information, to produce more copies than ever, but we communicate less and less.

These are the times of fast foods and slow digestion, big men and small character, steep profits and shallow relationships. These are the days of two incomes but more divorce, fancier houses, but broken homes and inexistent 'family'. These are days of quick trips, throw-away morality, one night stands, overweight bodies, and pills that do everything from cheer, to quiet, to kill. It is a time when there is much in the showroom window and nothing in the stockroom. A time when technology can bring this letter to you, and a time when you can choose either to share this insight, or to just hit delete...

Remember; spend some time with your loved ones, because they are not going to be around forever.

Remember, say a kind word to someone who looks up to you in awe, because that little person soon will grow up and leave your side.

Remember, to give a warm hug to the one next to you, because that is the only treasure you can give with your heart and it doesn't cost a cent.

Remember, to say, 'I love you' to your partner and your loved ones, but most of all mean it. A kiss and an embrace will mend hurt when it comes from deep inside of you.

Remember to hold hands and cherish the moment for someday that person will not be there again.

Give time to love, give time to speak! And give time to share the precious thoughts in your mind.

AND ALWAYS REMEMBER:

Life is not measured by the number of breaths we take, but by the moments that take our breath away.

If you learnt something, don't keep this for yourself. Share with the ones you care about!!

George Carlin

Kalau isi surat ini udah bisa membuat gue merenung,, bagaimana dengan anda?! Tidak ada salahnya untuk mencoba mengingat-ngingat kembali apa yang sudah anda perbuat di tahun 2008 kan?? huhuhuhu..

Oh,, btw,, sekarang tanggal 22 Desember. Hari Ibu.. Sekali lagi para pembaca yang budiman,, saya ingin bertanya.. apakah kalian sudah mengucapkan 'Selamat Hari Ibu' kepada ibu anda?? kalau belum, ucapkanlah segera.. memberikan ucapan tulus itu tidak membuang uang sepeser pun kan? ahahaha,, hanya sebuah ucapan.. jangan kelewat pelit sama ibu anda sendiri..

Sampai jumpa di bulan Januari 2009.




Selamat Natal dan Tahun Baru!!

Wish You Have A Be-lated Birthday...




Kamar Kost-an, Sabtu 13 Desember 2008 - 09.00 WIB


Kalo temen-temen punya temen *alah? apa si nih bahasa?!!* yah, intinya, pernah ngucapin selamat ulang tahun ke temen gak?? Kira-kira apa yang anda kirim atau ucapkan??

Selamat ulang tahun !!! semoga panjang umuurr!!!


Atau gak, ngucapin Happy Birthday!!!!



Nah, pernah gak ada yang bilang gini, baik itu lewat sms, telpon, atau pake kartu ucapan:

'Happy belated birthday yaa.. Congratulation!!'


Pasti banyak ya?! pasti sering juga ya?? terus terang, dulu saya termasuk di antara salah satu orang yang sering menggunakan kata 'belated' dalam ngucapin selamat ulang tahun. Gue nganggapnya kata 'belated' itu mempunyai makna yang hampir mirip dengan: 'blessed' 'dirahmati', 'diberkati', dan segala macemnya lagi.

Tapi, ternyata itu salah!!! Saya baru disadarkan dari kesalahan saya itu ketika temen baik saya, Droo, memberikan penjelasan mengenai arti yang sebenarnya dari kata 'belated' itu. Dia bilang begini:

"Happy be-lated B Day? Selamat ulang taun telat dong? menurut Oxford Pocket Dict, 'belated' itu artinya telat loh.. aahahaha.. =) but anyway, thanx udah inget ulang taun gue.. hehehe.."

Gue kaget. Masa iya??!! Gue cek kamus, dan inilah yang gue dapet:

"be·lat·ed [bi láytəd] adjective

late: occurring after the appropriate or expected time, especially too late to be effective or useful


[Early 17th century. <belate 'make delay, delayed"]


Anjrid. ternyata selama ini gue salah kirim ucapan dong ya?? 'Wish U have a belated birthday today!!' Emang bener nih gue,, anak inggris bajakan.. maen hantem pake kata tanpa tau arti yang sebenernya. Padahal, apa susahnya sih buka kamus?! --"

Jadi, sebagai tanggung jawab moral gue sebagai anak Inggris, gue harus meluruskan kesalahpahaman yang ada, dan semoga, kesalahpahaman itu udah bisa gue luruskan dengan baik melalui postingan diatas.

Pelajaran moral yang bisa di ambil: cari kata lain selain 'belated'


p.s:

1. Definisi mengenai kata 'belated' gue ambil dari Encarta Dictionary

2. Droo,, promosiin blog gue dong,, blog lu udah gue promosiin berapa kali tuu di blog gue.. =p

3. Kalo di antara para pembaca ada yang lagi ulang taun pas baca postingan ini, dan kalo teman anda mengirimkan ucapan selamat ulang tahun dengan menggunakan kata 'belated', jangan di marahin.. paling tidak, dia sudah ingat ulang tahun anda, dan rela mengorbankan pulsa nya buat ngirim sms ucapan selamat tersebut.

4. Kalo ada orang yang pernah gue kirimin sms pake kata belated, mohon di maafkan yaa.. saiyah hilap..

Alarm Paling Ampuh...

Sebelum memulai posting kembali.. *ciye elah bahasa lu maa!!*, saya ingin mengucapkan

Selamat Hari Raya Idul Adha

Tentu saja, ucapan ini saya tujukan kepada yang merayakan. Nah, sekarang akan saya ganti topiknya menjadi hal yang ingin saya bahas di postingan saya kali ini. *apaan si nih bahasa?? gak penting deh.*

Oke? kita mulai saja.

Tau yang namanya 'feeling'?? kalo bahasa Indonesianya, 'piling'?? Pasti tau lah, kaya firasat atau semacamnya gitu lah. Saya jamin kalo semua orang pasti tau dan punya yang namanya 'filing' tersebut. Nah, yang pengen saya tanya lagi, para pembaca yang budiman, seberapa percayakah anda dengan filing anda tersebut??

Setengah percaya? Tiga per-empat percaya?? atau malah itu filing cuman dianggap angin lalu??

Nah, yang pengen saya bahas kali ini adalah mengenai 'feeling' saya yang entah mengapa akhir-akhir ini tiba-tiba datang entah darimana, dan sayangnya kebanyakan dari feeling saya itu adalah feeling yang gak enak atau terkadang malah buruk. contohnya dapat dilihat di bawah ini:


Suatu hari, entah di bulan berapa, tanggal berapa, dan hari apa. Saya lupa.

Dharma: Hmmm.. kenapa tiba-tiba seharian ini gue mikirin si Agnes ya?? Feeling gue ko gak enak gini sih?? ah, gue telpon aja deh..

menekan tombol henpun kesayangan, menekan nomer hapenya si Agnes..

Tuut.. Tuut..

Dharma: Haloo.. Nes.. apa kabar?? *sedikit berbasa-basi*

Agnes: hmm.. gak begitu baik.. gue lagi ada masalah nih..

Dharma: NAH!!! bener kan filing gue!!! Gue entah mengapa dari tadi mikirin lu, sama ada rasa gak enak gitu.. Masalah apa?? ada yang bisa gue bantu??

Agnes: Jadi begini ma, tadi gue di kampus.. bla.. bla.. bla.. *menceritakan panjang lebar masalahnya*


Nah, ini ada contoh satu lagi. Bisa dikatakan baru-baru saja terjadi.


Selasa 9 november 2008 - di kampus

Dharma: hmm.. hati gue gak enak nih.. *bicara pada diri sendiri*

Dharma: *ngutak ngatik henpun, liat-liat nomer telpun, dan entah mengapa tiba-tiba gue liat nomer telpon adith, dan langsung gue telpon.

Tuut.. tuut... *agak lama, tapi akhirnya kemudian diangkat*

Dharma: Adiiith.. lagi ngapain??

Adith: gak lagi ngapa-ngapain.. *suara serak, sesengukan*

Dharma: Dith?? kenapa nangis??

Adith: Gak papa kok maa.. *masih sesengukan, nyedot ingus*

Dharma: loh.. lu nangis gitu.. masa gak kenapa-napa??? ada-ada aja deh..

Adith: gak papa kok maa.. cuman canda.. *masih senguk-senguk*

Dharma: beneran?? jarang-jarang soalnya gue denger lu nangis.. dan sejak kapan nangis itu bisa dikategorikan bercanda??

Adith: iyaa.. gak papa kok.. sejak sekarang..

Dharma: beneran?? hati gue gak enak soalnya dari tadi, dan entah kenapa gue tiba-tiba pengen telponlu.. taunya malah lagi nangis gini.. beneran?? kalo butuh apa-apa, kasi tau gue aja.. sapa tau gue bisa bantu.. oke??

Adith: iya.. makasih ya.. dadaah.. *masih senguk-senguk*

Dharma: be strong ya buu.. daah..

Klik, dan suara telepon dimatikan.


Nah, itu dua contoh dari sekian banyak contoh lainnya yang gak bisa saya tulis disini karena saya jamin bakalan bikin para pembaca sekalian menjadi males baca postingan saya kali ini. Saya juga yakin kalau bahkan ada yang sudah macels bacanya.

Sekarang, balik lagi ke masalah firasat. Beberapa waktu lalu, saya pernah nonton sebuah acara di salah satu stasiun tivi swasta. Tentang petuah bijak dan motivasi, well.. sort of.. Nah, pembicaranya bilang gini:

"Hati kecil anda adalah alarm yang paling ampuh dari semua alarm yang ada di muka bumi. Sayangnya, alarm yang satu ini amat sangat sensitif. Alarm ini mudah sekali korslet karena kabelnya putus. Perlu diketahui, bahwa yang berfungsi sebagai kabel adalah diri anda sendiri. Sekarang, yang menjadi masalah adalah bahwa kebanyakan dari anda tidak pernah mau untuk mendengarkan peringatan yang di dengungkan oleh hati kecil anda. Sehingga lama-kelamaan alarmnya korslet, kemudian kabelnya putus, dan anda tidak bisa lagi mendengar peringatan dari hati kecil anda sendiri."

Hmm.. apa iya ya??? oiya, si pembicara itu tadi juga bilang:

"Mulai detik ini, coba dengar apa kata hati anda, dan lihat perubahannya!"

Jujur, semenjak acara itu, saya mencoba untuk mendengarkan hati kecil saya sendiri. Nah, kembali lagi ke 'feeling' itu tadi. Kalo menurut kesimpulan saya, feeling itu bukannya sama saja dengan peringatan dari hati kecil ya?? iya gak sih?? kalo iya, berarti alarm saya masih jalan dong?? iya kan??

Sekarang, bagaimana dengan anda?? tertarik untuk mencoba mendengar alarm (yang katanya) paling ampuh namun sangat sensitif tersebut??

Sama-sama Orang Kampung Kok Menghina Kampungan???

Ooooii,, Dewiii,, mau kemanaa??


Begitulah kata-kata yang keluar dari mulut saya ketika saya menyapa salah seorang teman yang berdomisili di Jakarta,, sebut saja namanya sama dengan yang di atas.. Dewi. Oiya, dan satu lagi, kata-kata yang saya keluarkan itu tadi, lengkap dengan aksen sunda yang kental, sampai ke sengau-sengau-nya. Dan tebak saudara-saudara, apa yang keluar dari mulut teman saya itu??

Kampungan lu ma!!

Yep, anda tidak salah baca,, apa? gak kok,, anda gak salah, emang bener itu katanya,, K-A-M-P-U-N-G-A-N!! Kampungan, udik, kedesa-desaan, dan segala macem definisi kampungan yang lainnya. Dan bahkan, ketika logat sunda saya keluarkan, tidak jarang malah ada temen-temen saya yang mentertawakan,, terbahak-bahak pula, dan tidak lupa dengan keluarnya istilah ‘KAMPUNGAN’ itu tadi. Gosh..

Tapi tunggu, kalo menurut segi pandang saya pribadi, apa yang saya lakukan itu, (berbicara dengan logat sunda -red) itu sama sekali gak kampungan!!! Kenapa? Karena secara tidak langsung, saya itu melestarikan budaya, budaya Sunda. Walaupun hanya sekedar logat, itu juga termasuk budaya, budaya berbahasa, sama seperti orang-orang batak, padang, dan segala macam suku lainnya.

Nah, sekarang balik lagi ke masalah ‘KAMPUNGAN’ itu tadi. Okelah kalo saya di bilang kampungan, ndak popo,, gak sakit hati kok, tapi lantas, bahasa apakah yang bisa di kategorikan sebagai bahasa yang gak kampungan?? Bahasa ‘lu gue’?? *secara temen gue itu emang orang Jakarta*

Kalo emang bahasa ‘lu gue’ itu dianggap keren, berati yang orang yang ngomong pake bahasa ‘lu gue’ itu juga kampungan dong?? Sama seperti saya yang berbicara dengan ‘hanya’ menggunakan logat sunda, bukan menggunakan bahasa Sunda asli.

Kenapa bisa saya bilang seperti itu, karena bahasa ‘lu gue’ yang sekarang banyak di pake di kalangan anak muda di Jakarta, well gak cuman di Jakarta aja sih, di bandung juga banyak yang pake bahasa ‘lu gue’, emang asalnya dari orang Betawi, dan sebelum Jakarta menjadi kota besar seperti sekarang, orang-orang betawi yang menggunakan bahasa ‘lu gue’ untuk pertama kalinya pada jaman dulu kala, ya tinggalnya di kampung. Seperti dalam cerita Si Doel.

So? sama sama kampungan kan sebenernya?? Ahahhhha,, ironis memang, ada orang yang mencap orang lain itu kampungan, hanya karena menyapa dengan menggunakan logat sunda, (perhatian, hanya pake logat lo, bukan pake bahasa sunda beneran) sementara, dirinya sendiri itu gak menyadari kalo dia juga termasuk orang yang kampungan, karena pake bahasa yang di ciptakan pada jaman dulu kala, oleh orang-orang Betawi, yang tinggalnya di kampung-kampung.

Orang kampung kok sama-sama menghina orang kampung sih?? Ahahahaha,, kasian amat lu jadi orang.

Nah, sekarang balik lagi. Bahasa apa yang bisa di bilang bahasa yang gak kampungan?? Jawabannya adalah, BAHASA INDONESIA!!, oiya, ada sambungannya tapi, sambungannya adalah DENGAN MENGGUNAKAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN Jadi lengkapnya, BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN EJAAN YANG DISEMPURNAKAN.

Yep, saya rasa itu jawaban yang paling diplomatis. Kita orang Indonesia bukan? Ahahhaha..

Tapi, tanyakan kembali pada diri anda sendiri, apakah anda sudah yakin? Bahwa anda sudah menguasai benar yang namanya BAHASA INDONESIA?? Apalagi dengan EJAAN YANG DISEMPURNAKAN?? bahasa yang benar-benar-benar kalau di tinjau dari segi ketata-bahasaan??

Kalau sudah, silahkan anda mencap kampungan kepada seseorang yang menyertakan elemen kedaerahan di dalam suatu percakapan, baik itu logat, nada bicara atau apalah, dan saya yakin, kalau anda sudah membuat bangga para ahli Bahasa Indonesia kita, seperti H.B, Jasin, Sutan Takdir Alisyahbana, dkk,

Tapi kalau anda sendiri belum bisa menguasai Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar, jangan sekali-kali mencap seseorang itu kampungan, apalagi kalau hanya di lihat dari gaya bahasanya. Itu juga akan menandakan kalau anda adalah seorang yang juga kampungan!! Karena menilai orang seenaknya!! Please deh?? Hari gini?? Sama-sama orang kampung kok bilang kampungan?? Yang bener ajaa??

P.S: coba anda lihat kembali postingan saya kali ini,, masih banyak kesalahan ejaan, dan penulisannya kan?? Memang susah ya untuk mempelajari Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar, sebuah bahasa yang benar-benar-benar dan keren. =)

Pesen Gue,,

Merinding badan gue ketika liat berita di tivi tentang rekaman blackbox Adam Air, dan gue tambah merinding ketika gue mendengar percakapan terakhir antara Pilot dengan Co-Pilot di kokpit.. Sumpah serem abis..

Well, walaupun rekaman tersebut belum bisa dipastikan ke absahannya, dan juga masih di selidiki lebih lanjut sama KNKT, tetep aja gue merinding dengernya.

Speechless abis.. apalagi dari kemaren, hampir tiap kali ada news update di channel tv, rekaman itu terus aja di ulang-ulang...

Gue rasa, dengan beredarnya rekaman ini, tentunya dengan tidak mengesampingkan perasaan keluarga para korban pesawat naas tersebut, kita telah diberikan suatu pelajaran yang amat berharga, apalagi khususnya buat para pengusaha maskapai penerbangan yang ada di Indonesia.

Jangan lebih pentingkan bisnis, daripada keamanan dan kenyamanan para penumpangnya.

Jujur gue akuin kalo gue sekarang jadi agak paranoid kalo gue mesti naik pesawat terbang, terutama dengan maskapai penerbangan di Indonesia. Apalagi dengan dikeluarkannya hasil evaluasi dari KNKT yang hasilnya menyatakan bahwa hanya ada 1 (satu) maskapai penerbangan yang berhasil bertengger di kategori 1 dari Klasifikasi Maskapai Penerbangan Indonesia Menurut Tingkat Pemenuhan Standar Keselamatan (silahkan di klik)

Lebih parah lagi, ada yang sampai di grounded segala, gara-gara mutunya buruk karena ketauan memakai pesawat yang udah gak layak terbang. silahkan baca di SINI

Udah di baca? kalo menurut gue, walaupun itu belon final bener keputusannya, buat gue itu tetep kelewatan. Hellooo?? kalo bisnis yang bener dong!!! ini nyawa orang loo yang di pertaruhkan!!! jangan hancurkan kepercayaan dong!! dosa tauu kalo cari duit dengan cara yang gak bener!!! NOMOR SATUKAN KEAMANAN!!! kalau yang namanya duit mah gak bakal kemana.. kalau mutu bagus, pasti banyak pelanggan, banyak pelanggan artinya banyak uang.

Itu pesen gue buat para pengusaha (atau calon pengusaha) di bidang penerbangan komersial.

Sementara pesen gue buat para calon penumpang pesawat terbang:

1. Pastikan mutu dari maskapai penerbangan yang akan anda pilih, apakah maskapai yang anda pilih sebagai rekan perjalanan mempunyai mutu atau kredibilitas yang meyakinkan?

2. Jangan tergiur dengan ongkos murah, menurut gue pribadi, kalo di Indonesia (yang amat sangat disayangkan), penerbangan berongkos murah, membuat faktor keamanan juga ikut-ikutan menjadi murah, ya dengan masih menggunakan pesawat yang sudah tidak laik terbang, dan sebagainya, kasarnya, "HARGA BICARA". Kalo gue, mendingan bayar lebih tapi jelas-jelas mutu maskapainya bagus. daripada bayar murah, tapi mutunya di ragukan.

Gue rasa, cuman itu aja pesen gue buat para calon penumpang, tentu saja dengan tidak lupa banyak-banyak berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selalu di lindungi sepanjang perjalanan.

Dan pesen gue buat pihak yang berwenang:

Para petugas yang terhormat, tolong dong, jangan ada yang namanya 'main mata' sama maskapai yang 'nakal', pleeeasse banget, bersikap yang tegas. Kalo udah kejadian, kasian para penumpangnyaa, kasian keluarganya juga,, pikirkan bagaimana kalau anda yang berada di posisi mereka??

So, siapa yang setuju dengan perjalanan yang aman?? karena pastinya, kalo aman pasti nyaman.

Early Age Marriage?? Hmm.. I don't think so..

"Gue kepengen nikah cuy, soalnya gue udah gak nahan, daripada gue zina." Begitulah kira-kira ucapan yang gue denger dari temen gue. Sebut saja namanya X.

Terus terang, gue kaget plus masang tampang cengok gak percaya begitu ngedenger ucapan yang tercetus dari mulutnya. Gimana enggak? orang dia masih duduk di bangku kuliah, lulus aja belon, dan lagi, orang yang di ajak nikah sama dia juga masih duduk di bangku kuliah.

Menikah di usia muda, oh, bahkan dalam hal ini, malahan bisa gue bilang, menikah di dalam usia yang amat-sangat-muda. Secara mereka berdua juga baru nginjek umur 20, bukan 25, bukan 26, bukan 27, yang menurut gue umur segitu emang udah sepantesnya buat membina kehidupan berumah tangga.

Nah, kalo gue, anti banget tuh sama yang namanya nikah muda, apalagi kalo masih kuliah, eh terus merid. No Way!!! Kenapa, karena gue itu cowok, dan kalo udah berumah tangga, nanti gue yang jadi kepala keluarga. Yaa paling enggak gue mesti udah bisa memenuhi dua syarat yang paling penting kalo gue mau married,which is: Mental and Financial Stability *cieelah keren banget deh bahasanya* atau, kematangan mental dan kematangan finansial.

Menurut gue, dua hal itu adalah hal yang paling krusial kalo gue merid dan mulai berumah tangga. Alesannya, pertama, kalo gue gak mapan secara finansial, nanti anak sama bini gue mau gue kasih makan apa? Secara jaman sekarang tuh biaya hidup buat sendiri aja udah gila-gilaan. Apalagi buat biaya sekolah anak gue nanti, buat biaya kesehatan, dan biaya segala macemnya. Yaa paling enggak, menurut itung itungan yang gue itung sendiri, gue mesti udah harus berpenghasilan di atas 4 juta per bulan, nah, baru deh gue merid, seenggaknya, kalo nanti bini gue gak kerja, gue masih bisa hidup dengan pas-pasan, tapi juga gak kekurangan. Lebih bagus lagi kalo istri gue juga punya penghasilan tetap buat ngebantuin gue.

Nah, kembali ke kasus si X tadi. Coba bayangin deh, mereka masih kuliah, belon punya penghasilan, buat bayar kuliah aja, gue jamin masih di bayarin sama orangtua. Terus kalo mereka merid dan berkeluarga? masa kebutuhan sehari-hari mesti di tanggung sama orangtua?? kalo mereka nikah, upacara di bayarin sama orangtua, terus kalo nanti istri nya hamil, kebutuhan nutrisi buat si jabang bayi juga di bayarin sama orangtua, kalo anaknya lahiran, nanti juga di bayarin sama orangtua. Gak malu apa ya??

Sekarang, syarat krusial nomer dua: kesiapan mental. Kalo gue, umur 20 tuh masih waktunya gue buat menikmati masa muda, gue bebas kemana aja gue mau sama temen-temen gue. Intinya ya itu, kebebasan. Gue sih ogah deh kalo masih muda udah terikat sama yang namanya sumpah setia sehidup semati. Gue masih pengen menikmati yang namanya pacaran, bahkan, pacaran aja gue masih kagak bener. Gue masih belon bisa setia bener sama pacar gue sendiri *dibunuh sang pacar*, dalam artian, kalo gue jalan, mata gue masih lirik kiri kanan kalo ada cewek yang mukanya bening.

Jangan harap deh gue bisa akur sama pasangan kalo gue nikah muda (banget). Lah orang guenya aja masih begitu. Kasian istri gue ntarnya, makan hati jadinya dia. Bisa-bisa baru setaun nikah, dia udah minta cerai talak tiga.

Kembali lagi ke si X, coba lihat kembali alesan yang dia kemukakan, "Gue udah gak nahan, daripada nanti gue zina.." emang ada benernya juga sih alesannya, daripada nanti malah MBA, bukan, ini bukan gelar S2, tapi singkatan married by accident.

Tapi gue rasa dia juga gak bener-bener amat, karena buat memulai sebuah kehidupan berumah tangga tuh gak se simpel alesan itu deh, mendingan nikah daripada zina, kalo dari sudut pandang gue pribadi, itu malah mencerminkan ketidakmatangan emosi dari si X itu sendiri. Kegedean nafsu birahinya daripada rasio akal sehatnya. Kenapa bisa gue bilanjg kaya begitu? silahkan baca kembali dua syarat krusial yang gue tulis di atas, dan pikirkan sendiri.

Yaaa, kalo buat gue sih, nonsense aja kalo ada yang mau nikah muda, tapi minim persiapan, apalagi kalo alesannya hanya "mending nikah daripada zina", terlalu besar resiko kedepannya. Nikah muda sih boleh-boleh aja, sapa juga yang ngelarang?? tapi, mesti bisa menjamin kehidupan orang yang diajak nikah, dan kehidupan anak (kalo anaknya nanti cuman satu) dan anak-anak (kalo nanti anaknya lebih dari satu) yang bakalan lahir ke dunia.

Jadiii, buat kalian para cowok dan cewek yang mau nikah muda, mendingan di timbang-timbang lagi deh, timbang bibit-bebet-bobotnya, jangan sampe ada rasa penyesalan dalam hidup karena udah memilih buat menikah muda.

Nah, buat yang pacaran, ya mbok biasa aja siii pacarannya, jangan sampe ada yang namanya adegan "hot", ati-ati ooiii,, harus bisa kendaliin nafsu laah, biar gak menikah muda karena terpaksa,, ya gak? Kalo itu malah jadi lebih bahaya lagi.

Yaaa,, tapi sih ini pendapat gue pribadi, kalo ada yang berpendapat lain ya sah sah saja, gak ada yang ngelarang kok, asal pendapatnya bisa di pertanggung jawabkan dengan baik. Sampai jumoa dalam postingan berikutnya di Aegea_Raya

Best regards, Lynx

Kapan majunya sepakbola Indonesia?

Gue ketawa-ketawa aja ketika gue ngeliat para pendukung Persib pada rusuh pas nonton pertandingan sepakbola lawan Persija.

Lempar-lempar botol lah.. Keluarin makian kotor lah.. lempar batu ke petugas lah.. saling tonjok kiri kanan lah.. ah pokonya segala macem deh.. yang pasti, tindakan yang bisa mencemari nama persepakbolaan di Indonesia.

Sebenernya udah bukan barang baru sih kalo yang namanya nonton bola di Indonesia, identik dengan yang namanya rusuh..

Nah, hal yang bikin gue malu adalah ketika gue nonton sepakbola keluaran luar negeri. Seperti tayangan liga-liga luar negeri yang sering di siarkan di tivi. Seperti liga Inggris, Liga Italia, dan Liga yang lainnya lagi.

Kalo mereka nonton bola, mereka nontonnya tuu tertiiib banget, gak ada yang namanya polisi berjaga ketat. Gak ada yang namanya pager besi yang membatasi penonton dengan para pemain di lapangan.

Kalau salah satu tim ada yang kalah, mereka bisa nrimo dengan fair. Gak ada yang namanya gontok-gontokan, lempar-lemparan batu, apalagi sampe berantem sama petugas keamanan..

Hmmmm... kapan ya kira-kira kita bisa kaya begitu??
 

Copyright (c) 2013 Cerita Semprul All rights reserved | Dimodif sedikit oleh Bli Dharma | Sponsor: Free CSS Templates dan Free Blogger Template