Showing posts with label Silahkan Tertawa. Show all posts
Showing posts with label Silahkan Tertawa. Show all posts

Antara Gue Dengan Bule...

Ternyata, menjadi seorang mahasiswa sastra inggris tidak menjamin kalau suatu saat nanti harga diri gue jatoh gara-gara bahasa yang gue pelajarin sendiri. Yes, harga diri jatoh karena bahasa inggris. Bukaan, bukan karena kesalahan grammar ato karena glagapan, tapi karena objek yang gue ajak bicara itu bisa bahasa Indonesia.

Uh huh, beberapa bule yang pernah gue ajak ngomong ternyata bisa bahasa Indonesia. I mean, they REALLY COULD speak Indonesian, fluently. Oh, almost forgot, they speaks our mother language too, and again, fluently.

Great huh?

Baru-baru ini, ketika gue sedang makan sate di warung sate langganan, gue ngeliat ada satu ekor bule pesen satu porsi sate ayam. Ketika itu bule duduk di hadapan gue, otomatis gue mencoba untuk menyapanya dengan bahasa Inggris, dan yah.. dia membalas gue dengan menggunakan bahasa Inggris juga.

Dan ketika sate pesenan dia udah mateng, dia mengambil kerupuk dan berteriak dengan lantangnya kepada si tukang sate

"Iyeu krupuk naon kang? krupuk udang?"


WTF?? Apa kuping gue menipu? dia bicara apa tadi? kang? APA TADI DIA BICARA DENGAN BAHASA SUNDA??!!

Lantas gue tanya apakah dia bisa bahasa Indonesia? dan dia jawab,

"Ya, saya bisa, saya sudah 10 tahun tinggal di Bandung."

Jrit, harga diri gue langsung gak berharga lebih dari segulung timah putih di toko listrik. Rasanya gue pengen masukin sendal ke mulut bule keparat itu.

Ini ada kisah lain lagi. Waktu itu jaman gue SD mau naik SMP, ketika gue ke Bali, gue mencoba untuk bersosialisasi dengan bule-bule di sana. Singkat kata, ketika gue di pantai, gue mulai untuk mendekati salah satu bule dan mencoba buat ngomong pake bahasa Inggris dengan mereka. Itung-itung nambah pengalaman kan gak papa ya?!

Oke, gue dapet satu bule, dan gue mulai praktekin semua pelajaran bahasa Inggris yang gue dapet di sekolah dan dari bokap gue. Ketika gue mencoba untuk mulai bicara, tiba-tiba gue gagap setengah mampus. Dan ketika itu bule ngeliat gue gagap megap-megap, tau-tau dia ngomong gini:

"Asal lu darimane cil?? kalo lu gak bisa pake bahasa Inggris pake bahasa Indonesia aje, gue juga bisa pake bahasa Indonesia dan Betawi. 7 tahun gue tinggal di jakarta, sekarang gue lagi liburan sama keluarga."


Wat de fak?? Dia bisa bahasa Betawi?! Sumpah gue langsung nyengir dan langsung kabur dan mengubur pengalaman memalukan tersebut sampai akhirnya gue kena batunya lagi beberapa waktu yang lalu, dengan bule keparat yang udah gue ceritakan di atas.

Well.. shit happens sometimes.


Akhir Masa Hiatus, Bersyukur, Dedikasi.

Oke, gue tau kalau gue udah lama gak posting dan membiarkan blog ini lumutan dengan sukses. Ah, well.. gue rasa gue lagi dalam masa hiatus.. bingung mau nulis apa.. jadi maaf-maaf saja ya sodara.. para pembaca sekalian. Menulis ternyata bukanlah hal yang mudah.

Hmm.. apa saja yang terjadi belakangan ini? Politik makin ramai.. ada kasus pembunuhan yang melibatkan ketua kpk, ada kasus flu babi yang mudah-mudahan gak naik lagi ke level 6.. ohya, ada satu lagi, ada gue yang lagi banyak bersukur dan gue yang lagi kagum. *narsistik mode on*

Mari saya bahas bagian bersyukurnya lebih dulu.

Beberapa waktu lalu, gue naik angkot ke kampus, dan ngeliat pengamen kecil berbaju lusuh membunyikan alat musik seadanya buat nyari yang namanya duit. Sebenernya gue udah sering banget ngeliat mereka-mereka, hampir tiap hari malah.. Tapi entah mengapa.. gue baru berpikir dan ngeliatin mereka dalem-dalem waktu itu.. ngeliatin raut muka mereka dan berpikir apa yang harus mereka lalui di jalan, setiap hari, setiap waktu, gak kenal yang namanya libur. Yang penting mereka bisa makan tiap hari.

Dan gue pun mulai berpikir.

Gee, ternyata masih ada yang lebih tidak beruntung dari gue. Apa jadinya gue kalo kedua mendiang orang tua gue gak kerja di sebuah perusahaan yang lumayan ternama?? apa mungkin gue bisa ngerasain yang namanya bangku kuliah? apa iya gue bisa menikmati yang namanya internetan, dan punya komputer yang 'lumayan' canggih??

Betapa beruntungnya gue.. Betapa beruntungnya gue yang hidup pas-pasan. Pas pengen ini, tau-tau dikasih jalan buat mencari rejeki, pas pengen itu, pas ada uangnya.. dan keinginan gue bisa tercapai.. tapi yah kalo lagi gak ada rejekinya, ya gue diem. gak usah dipaksa.

Ah, well.. tampaknya hidup telah memberikan gue pembelajaran baru pada saat itu, dan sampai sekarang. Jadi, marilah bersyukur, dan biasakan hidup pas-pasan ;-)

Nah, sekarang mengenai bagian kagumnya.

Beberapa waktu lalu, dosen gue terserang stroke. Itu merupakan stroke yang kedua kalinya. Untungnya beliau hanya sebentar dirawat di rumah sakit. Nah, yang bikin gue kagum adalah: dedikasi beliau dalam mengajar.

Seharusnya, menurut logika, kalau seseorang terkena stroke, maka seseorang itu harus berada dalam masa recovery yang cukup lama,, bisa memakan waktu berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan. Tapi beliau tidak. beliau hanya memerlukan waktu seminggu. Ketika pas tadi pagi gue kuliah, gue sempet kaget dan bertanya, "Pak, sudah sembuh?" dan beliau menjawab "yaaa masih 80% lah sembuhnya, mari kita coba saja. Bosan saya dirumah cuman berhadapan sama bantal melulu."

Dan akhirnya gue kuliah pagi tadi.

Ketika gue ngeliat beliau, seakan-akan beliau mengalami kesusahan dalam berbicara, dan badannya pun bergetar. Ketika gue ngeliat beliau menulis, tangannya sudah bergetar dan agak susah dikendalikan. Tapi beliau tetap konsisten dan terus mengajar. Ya walaupun hanya 1 mata kuliah dari 2, tapi kami para mahasiswanya mahfum dengan keadaan beliau.

80% sembuh, dan beliau tetap mengajar kami, para mahasiswanya. Sumpah dedikasinya gokil banget. Salut dan angkat topi buat beliau. Ah, well.. tampaknya hidup kembali mengajarkan sesuatu hal yang baru buat gue. Gak gampang menyerah.

Memang, hidup itu adalah guru yang terbaik.

Feels Sooo 90s.. P.1 x)


Huahahahaha.. gue nemu list hal-hal yang mengingatkan gue ketika jaman SD dan SMP dulu!!! Oh-My-Gosh!! It feels soooo ninties,, You don't say if you ever live in the 90s before you see this list!! Enjoy!

--------------------------------------------------

1. Make sepatu ala ABRI merek Dok Mart (katanya
kependekan dari Dokter Marten, Kurt Cobain lagi ngetren-ngetrennya tuh )

2. Make wardrobe merek ALIEN WORKSHOP (yoiii, sape yg ga tau merk ini)

3. Menjadi Korban Celana Bergaris (KCB) merek MAMBO (mamboo...kakakakak, saya punya ampe 5 biji dulu!)

4. Punya koleksi Lengkap Grifone

5. Ngumpulin hal2 yg berbau Fido Dido

6. Maen In-Line Skate ( roller blade) di Senayan atau mentok2 di depan rumah (trus belinya HARUS KUDU WAJIB yang merknya California Pro)

7. Beli dan make sepatu Reebok PUMP (pompa truuuuusss.. .)

8. Ga lupa beli juga sepatu La Gear Light (masi inget nyala lampunya doonk,,wakakaka)

9. Motong rambut dengan model SKIN DALEM

10. Yg cewek ga mau kalah, minta dipotong ala DEMI MOORE (hahahahaha)

11. Yg kurang suka skin dalem, bisa minta ala Jambul Tin Tin (buset dah...potongan jaman kapan tuh?)

12. Ngabisin koinan buat Maen DingDong

13. Ga ada duit buat ding dong? Gampaaaang, maen ajha GIMBOT yg diiket pake taliyg maennya sambil jongkok (kl waktunya abis, tuh tali ditarik ama abang2nya..)

14. Make jam jengkol merek POP SWATCH (ingeeet ga? Jam yang gedenya amit2 dan bisa dicantelin di kaos)

15. Atau ituu...inget ga, jam hadiah Coca-Cola? Yang kalo mau make, tali strapnya harus dijepret ke tangan. Warnanya merah ama biru. Sama ini...kacamata hadiah Sprite,kekekekek

16. Nongkrong di Parkit (Parkir Timur Senayan)

17. Ngumpulin stiker PANINI (hahahah, PANINI siapa yang masih punya albumnya *saya masih*)

18. Ngoleksi Kartu Basket ( Michael Jordan paling dicari jaman itu,,hehehehe)

19. Ngoleksi Kartu Dragon Ball (ada yg hologram, ada yg Double)

20. Yg cewek ngoleksi dan tuker2 an stiker luthu-luthu (ada yg bludru juga looow..gosipnya kalo warna atas dan bawah sama berarti ASLI..hahahaha, urban legend!)

21. Yg cewek juga maen org2an dari kertas, yang bisa diganti2 bajunya (dari kertas juga) yg dijual di abang2.

22. Blom bisa nyetir?? Gampang, maen TAMIYA ajha (saya masih punya dong, wakakak..hancur lebur dah!)

23. Makan ANAK MAS

24. Beli COKLAT AYAM

25. Makan permen karet YOSAN, skalian ngumpulin huruf2nya Y- O-S -A-N (tp yg
"N" susyeee bner dapetnya..lupa diproduksi kaliiie yeee)

26. Makan JAGOAN NEON biar lidahnya berubah warna

27. Beli sablonan ADIDAS dll buat disablon di tas, clana, dll

28. Ga pnah ngelewatin SI DOEL ANAK SEKOLAHAN (pa kabar ye zaenab ama sarah)

29. Nonton kartun Remi, Lika Liku Laki-Laki, Gara-Gara, pake kacamata 3 Dimensi (inget ga bentuknya? cupu banget, sumpah...)

30. Stelah era alien berlalu gantian Pake baju ala POINT BREAK (stussy, mossimo, billabong, dll)

31. Bangga make tas tipis merk ALPINA

32. Beli GULALI yg bisa dibentuk macem2, yg warnanya ijo ama merah (paling seneng beli yg bisa di smpriiit..sambil makan sambil priiiiit)

33. Nonton KOTARO MINAMI jadi Ksatria Baja Hitam dan DORAEMON. Yang cewek nontonnya Sailor Moon, Magic Knight, ama Minky Momo (kekekekek)

34. Berharap di Indonesia ada acara kaya TV Champion dan Takeshi Castle

35. Penggemar setia AIRWOLF, KNIGHT RIDER, dan the legend MACGYVER (MacGyver...permen karet bisa dia pake buat ngebuka pintu, wakakakak)

36. Biar di bilang anak gaul maka mesti ngikutin and apal nama2 tokoh di BEVERLY HILLS dan MELROSE PLACE

37. SLANK dan DEWA 19 baru2 aje nongol (hahahaha, dhani, dhani, liat lo masa lalu,cupuuu
bgt,,skarang ngocol bner bang!!)

38. Beli topi mesti 8 JAHITAN, ga kurang ga lebih, kalo nggak PALSU!

39. Nyolongin resleting YKK atau ALPINA buat jadiin gelang or kalung

40. Beli Tas Pinggang (wakakak, skarang kaya tukang kredit ajeee,,)

41. Bela2in nonton NKOTB (New Kid On The Block) *kakakak jadul banget, yang modern dikit napa?* atau ini deh...Backstreet Boys (kyaaa....kyaaa...Nick Carter! wakakakakak)

42. Maen Tazzos hadiah dari Ciki-Cheetos-Jet Z. Hehehehe, siapa yang masih nyimpen?


Masih ada part 2 yang akan menyusul!! x)


Baru Bangun Tidur + Nguap +Nyamuk = Sarapan Pagi Yang Buruk!!

Hmm,, tampaknya kebiasaan gue buat nguap kaya kuda nil mesti di ilangin deh. Kebiasaan yang amat sangat buruk gue rasa.


Dan pada suatu pagi, gue kena batunya!! Jadi ceritanya begini, pada suatu pagi –entah itu tanggal berapa, gue bangun tidur. Karena perut gue terasa mules, so, gue langsung ngibrit ke kamar mandi. Nah, kamar mandi di kosan gue itu kalo pagi-pagi, biasanya banyak serangga yang sejenis nyamuk pada nemplok di tembok.


Singkat kata, gue ambil posisi tempur di wc, sambil masih berasa setengah tidur, dan gue pun nguap kaya kuda nil. Rahang mulut gue terbuka dengan amat sangat lebarnya *hiperbola mode:on* dan tiba-tiba..


GUE NELEN NYAMUK!!


Brengsek bener emang. Apa iya ya? Kalo nguap gue itu mempunyai daya sedot yang amat sangat tinggi sampe-sampe nyamuk ke sedot ke mulut gue, dan pada akhirnya gue dapet sarapan pagi seekor nyamuk brengsek??


Yaaah.. salah satu kebiasaan buruk gue yang mesti gue ilangin emang, dan buat orang-orang yang punya kebiasaan yang sama kaya gue, mendingan ilangin deh cepetan!!!


Oh, btw, rasa nyamuknya?? Hmm,, gak begitu kerasa sih,, cuman berasa gatel-gatel gitu di tenggorokan.. sisa-sisa sayapnya kali ya?? Entah lah,, but it was a very terrible breakfast by the way!! Very-very!!

Angkot...

Angkutan Umum, atau bahasa gaulnya “ANGKOT”. Gue punya pengalaman ‘agak’ buruk dengan mahkluk yang satu itu. Well, karena yang namanya angkot-made-in-Indonesia memang mempunyai predikat yang cukup buruk di mata gue. Mobil yang penuh sesak dengan penumpang, posisi duduk 6-4 yang bikin para penumpangnya udah kaya ikan sarden di tata di kaleng, sampe beberapa bagian mobil yang tidak berfungsi.


Seperti pintu misalnya.


Waktu jaman gue SMA dulu, (Waktu itu, SMA gue masih di bangun, jadi di pindah sementara ke gedung SD, dan gedung SD nya rada jauh dari rumah) udah jadi kebiasaan gue buat pulang pergi dari dan ke sekolah pake angkot mikrolet (angkot biru, mobilnya pake kijang butut).


Pokonya, tiap hari, gue pake angkot. Pengalaman yang tidak mengenakkan seperti bejubelan kaya ikan sarden udah jadi makanan sehari-hari buat gue, mengalami duduk di kursi angkot yang bunyi ‘kreyat-kreyot’ tiap gue geser pantat sedikit juga udah sering banget, mogok di tengah jalan sampe-sampe gue di maintain supirnya buat bantuin dorong apa lagi.


Tapi, suatu sore, ketika gue pulang sekolah, dan tentu saja pake angkot mikrolet juga, bakalan jadi sore yang ga bakalan gue lupain. Jadi bahan trauma malah kalo buat gue. Terkesan lebay memang, tapi emang begitulah kenyataannya.


Sore itu, gue duduk di depan, karena kebetulan mikroletnya emang lagi kosong. Gue duduk di sebelah supir. Gitu gue liat, kondisi pintu dari mikrolet jahanam tersebut emang udah ga layak pake, berantakan, sampe –sampe kalo mau buka pintu aja mesti narik batangan besi yang-entah-di-sangkutin-kemana dengan sekuat tenaga, karena tuas yang biasa di pake buat ngebuka pintu juga udah ga tau raib kemana.


Ketika gue nutup pintu, batangan-besi-yang-entah-disangkutin-kemana itu tau-tau copot.


C-O-P-O-T


Copot!! alias lepas dari dudukannya.


Great!!


Tapi karena gue ga tau mekanismenya, gue cuek aja, dan milih buat ngejatuhin batangan besi itu di tengah jalan. Gue baru tau ternyata batangan besi sialan itu memang memegang peranan yang sangat penting ketika gue mau turun dari mikrolet.


Peranan penting itu adalah : BUAT-NGEBUKA-PINTU!!


Yap. Pasti udah pada tahu bagaimana kelanjutannya kan? PINTUNYA GA BISA DI BUKA!!



Dharma: Bang, kok pintunya ga bisa di buka sih?? Gimana nih bang?


Supir Angkot: Masa? Coba sini *ngeliatin pintu*


Supir Angkot: Alamak!!! BATANGAN BESINYA MANAAA??


Dharma: *ketakutan* Sa.. sa.. saya buang bang, kirain buat apaan..


Supir Angkot: GUUOBLOG!!! BUAT NGEBUKA PINTUU ITU!!!! BUJANG INAM KAU!! *logat Sumatra Utara*


Penumpang yang di belakang: *speechless, pada diem*


Dharma: *ikutan speechless*


Dharma: *ngomong dalem hati* bujang inam itu apaan sih?? Dasar supir dodol!! Udah tau gue ga tau bahasa ibu mereka.


Supir Angkot: Udah cepat kau turun sana!! Lewat sini!! *sambil beringsut dari tempat duduknya, ngasih ruang buat gue lewat*


Dharma: … *beringsut, kaya beruang overload lewat gorong-gorong sempit*


Supir Angkot: Grrrr.. *menggeram layaknya Doberman laper*


Dharma: *berhasil keluar dari mikrolet sialan*


Supir Angkot: Grrr.. *langsung masuk, ngebanting pintu, tancep gas*


Dharma: *diem, masih shock, masih mikir apa arti dari kalimat bujang inam*


Dharma: … *ngerogoh kantong celana*


Dharma: Dasar supir goblooook!!! GUE BELON BAYAAARR!!!! Siapa yang tolol sih sebenernya?? Tapi biarin dah.. ada hikmahnya juga, gue jadi ga bayar 2000 perak!! Lumayan!!!


Dan gue berjalan dengan langkah sedikit ringan. Karena udah ga bayar ongkos tentu saja, lumayan bisa ngirit, besok duitnya bisa buat nambahin jajan kue cubit yang ada di deket sekolah. Dasar tukang angkot. Mobilnya reyot, masa otaknya ikut reyot?? Ampun dah.


Oiya..


Setelah gue tanya sama temen gue yang dari Sumatra Utara, arti dari "bujang inam" adalah: kemaluan perempuan.




SUPIR BANGSAAAATTTT!!!!!!!


*taken from: The Odd-Rinary Boy Blog

 

Copyright (c) 2013 Cerita Semprul All rights reserved | Dimodif sedikit oleh Bli Dharma | Sponsor: Free CSS Templates dan Free Blogger Template